Saturday, October 13, 2007

Teologi Sukses, Penderitaan dan Kenikmatan

"What is a man's chief end?
A man's chief end is to glorify God and to enjoy Him forever".

Amen. Itulah yang terbersit di hati saya saat pertama kali mendengar kalimat itu diucapkan, dibaca dan dibahas bersama di dalam kelas-kelas yang saya ikuti. Ada rasa senang yang dangkal? Perhaps. Because Gloria is my middle name (gee...!) and then I made a mental note to name one of my (future) children, Joy. Or Hope. That shallow, I know. It so happened, however, a journey is to be taken to make that chief end’s of man, my end. And with that divine plan, a journey to live that end out began...


Berkenalan dengan kata "memuliakan Allah" sejak batita mungkin membuat kata tersebut cukup familir buat saya karena memuliakan Allah termasuk kata-kata yang paling sering didengar, mulai dari diteriakkan di mimbar dengan berapi-api, dinyanyikan merdu segenap hati hingga dibisikkan dalam doa diantara tetesan airmata. Mirip dengan itu, adalah kata "menikmati Allah". Karena buat saya kata menikmati Allah mengandung suatu kedekatan yang lebih dibandingkan dengan kata memuliakan Allah. Seperti kedekatan yang saya rasakan dalam kata "mencintai Allah". Kedekatan antara seorang anak dengan ayahnya. Jadi, tidak ada yang terasa aneh saat berkenalan dengan kata itu.

Perjalanan selanjutnya membawa saya bertemu dengan bahasan tentang Enjoyment theology atau teologi Kenikmatan. Disinilah saya mulai mengenal arti Menikmati Allah dengan lebih dalam lagi, meskipun pada awalnya ada alarm yang menyala saat mendengar bahasan tentang teologi Kenikmatan. Aliran baru apalagi ini?! Bersenjatakan pengetahuan kognitif akan firman Tuhan yang tidak seberapa itu, dengan penuh kecurigaan saya dengarkan baik-baik pembahasan itu dibawakan. Hm… apakah bahan "baru" ini punya relasi dengan Teologi Sukses? Bagaimana relasi menikmati Allah dengan teologi Kenikmatan?

Teologi Sukses vs Penderitaan
Terus terang, pemahaman saya yang terbatas tentang teologi Sukses ditambah rasa sok tahu saya ternyata tetap membawa saya untuk melawan pengajaran ini. Secara ringkas yang saya mengerti dari teologi Sukses adalah bagaimana mewujudkan surga di bumi dengan menjadikan sang Pencipta sebagai Sinterklaas yang berkewajiban mengabulkan setiap permohonan. Sehingga setiap anak Tuhan sudah seharusnyalah hidup makmur, sukses, bebas dari masalah dan bahagia. Jika kau tidak mendapat, itu karena imanmu terlalu kecil. Maka, berimanlah! Masalahnya beriman kepada diri sendiri sama sekali berbeda dengan beriman kepada Tuhan. Let me be God # let God be God. Padahal melihat kehidupan Kristus selama di dunia tidak pernah satu kalipun Ia tidak merendahkan diri dan tunduk di hadapan Allah Bapa. Tujuan hidupNya adalah melaksanakan kehendak BapaNya, seperti yang Dia katakan selalu, “For I have come down from heaven, not to do My own will, but the will of Him who sent Me."
John 6:38 NASB

Saya kerap membandingkan pengajaran teologi Sukses dengan teologi Penderitaan/Salib yang saya kenal dalam kurun waktu bersamaan dengan teologi Sukses. Secara ringkas pengajaran teologi Penderitaan yang saya mengerti adalah bahwa setiap pengikut Kristus yang telah diselamatkan dari kematian kekal, dipanggil keluar dari kegelapan, akan menjalani hidup yang berhadapan dengan penderitaan akibat eksistensinya di dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini. Setiap orang wajib menyangkal diri mengikut Tuhan, let God be God. Karena seperti Kristus yang rela turun dari Surga, menjalani hidup yang penuh penderitaan dan mati di kayu salib untuk menebus dosa umatNya, begitulah seharusnya hidup setiap orang percaya. Teologi Penderitaan juga mengajarkan bahwa penderitaan meskipun menyakitkan adalah sangat perlu untuk menyadarkan bahwa this earth is not our home, only Heaven is and it will arrive one day upon Christ' second return.

Buat saya pengajaran ini lebih bertanggung jawab dan menyadari posisi yang tepat dari relasi I and Thou antara kita dengan Tuhan. Apalagi Kristus sendiri dengan kematianNya di kayu salib sudah dengan sangat jelas memberikan contoh dan gambaran akan apa yang harus dihadapi setiap pengikutNya nanti. Sehingga meski saya tidak bisa menerima pengajaran teologi Sukses dan saya menyambut teologi Penderitaan/Salib dengan tangan terbuka lebar. Dan kemudian saya bertemu dengan pembahasan bernama teologi Kenikmatan...

Penderitaan vs teologi Kenikmatan
Teologi Kenikmatan yang saya mengerti berawal dengan penjabaran dari katekismus Westminster bahwa tujuan hidup manusia selain memuliakan Allah adalah juga untuk menikmatiNya. Pengajaran ini secara lebih detail membahas tentang apa arti menikmati Allah dan bagaimana hubungan antara menikmati Allah dengan memuliakan Allah terutama jika dikaitkan dengan sisi penderitaan yang memang pasti menyentuh hidup setiap anak-anak Allah. Itulah sebabnya pembahasan tentang teologi Kenikmatan selalu mengikutsertakan pengajaran dari teologi Penderitaan karena penderitaan dapat dikatakan sebagai salah satu guru terbaik untuk mengerti lebih dalam arti memuliakan dan menikmati Allah.

Teologi Kenikmatan yang saya kenal merupakan penggenapan dari teologi Penderitaan. Mengajarkan bahwa meskipun kita menyadari, mengakui dan menerima akan kehadiran penderitaan yang harus dihadapi setiap anak Allah, tujuan hidup kita bukanlah untuk menderita. Melainkan untuk untuk memuliakan Allah dan menikmatiNya. Secara pribadi saya mulai memahami hal ini saat berhadapan dengan masa-masa tersulit dalam hidup saya. Penderitaan adalah sesuatu yang riil harus dihadapi setiap anak Allah seperti yang ditulis dalam surat Ibrani, "But remember the former days, when, after being enlightened, you endured a great conflict of sufferings,..." Hebrews 10:32 NASB. Tetapi berpikir bahwa penderitaan yang dihadapi ini adalah sesuatu yang harus saya terima sebagai tujuan hidup, betul-betul membuat saya berpikir bahwa sangat lebih baik saya tidak pernah dilahirkan dan membuat saya sedikit lebih memahami kenapa orang lebih memilih bunuh diri saat kehilangan harapan. Disadarkan lewat penderitaan bahwa this earth is not our home is one thing, tetapi berpikir bahwa menjadikan penderitaan sebagai tujuan yang harus dicapai is certainly another different thing!

Saya merasa menemukan pencerahan saat diingatkan bahwa tujuan hidup saya selain untuk memuliakan Allah adalah juga menikmatiNya. Mengapa? Karena dalam arti menikmati buat saya bernuansa sesuatu yang menyenangkan, memberikan kesukacitaan, semangat dan keinginan untuk terus merasakannya, makanya disebut nikmat. Mana ada orang yang sedang merasakan penderitaan mendefinisikan penderitaan tersebut dengan hal-hal tadi? Yang mungkin adalah meskipun menderita tetapi tetap bisa menikmati saat-saat itu karena this and that. Tetapi bukan berpikir bahwa arti menderita dan menikmati itu sama. Orang yang mengatakan menikmati penderitaan pun bukan berarti dia menyamakan penderitaan dengan kenikmatan karena tidak ada penderitaan yang nikmat. Kalau bisa menikmati saat menderita itu memang karena ada unsur nikmat di dalamnya tapi tidak berarti penderitaan bisa diidentikkan dengan kenikmatan.

Maka bersyukurlah saya kepada Allah karena lewat teologi Kenikmatan saya lebih mengerti untuk tidak menjadikan penderitaan sebagai tujuan hidup saya! Hal ini bukannya tidak disinggung sama sekali dalam teologi Penderitaan, hanya saja menurut saya pembahasan mengenai penderitaan yang sangat besar disana kadangkala tidak dihubungkan dengan tujuan hidup manusia yang kemudian dikupas pula secara detail. Itulah sebabnya saya bisa mengerti saat dikatakan bahwa teologi Kenikmatan adalah yang lebih realistis dibandingkan teologi Penderitaan, apalagi teologi Sukses.

Tetapi sebetulnya pada akhirnya seindah apapun teologi atau pengetahuan atau pengertian yang saya dapatkan serta pahami tidak ada artinya kalau pada akhirnya hanya memperindah konsep saya akan siapa Allah tetapi tidak menjadikannya suatu realita dalam hidup saya. Allah saya adalah Allah yang hidup, bukan Allah di dalam keindahan konsep belaka. Takkan putus permohonan saya akan belas kasihan dan anugerahNya sehingga apapun yang ada dalam hidup ini akan semakin membawa saya mengenal Dia dan menikmati persekutuan yang penuh denganNya serta menguatkan saya saat Dia membukakan setiap kebenaran sejati yang seringkali akan menghancurkan segala keindahan palsu tentangNya yang saya percayai. Kyrie eleison... Kyrie eleison...

No comments: